DEFINISI METALCORE 

PERBEDAANYA DENGAN HARDCORE 

DAN SUB GENRE METAL LAINYA

 

PENGERTIAN METALCORE

Metalcore adalah gabungan dari aliran Death Metal dengan Metal Hardcore. Genre ini muncul belakangan pada era 2000'an tapi sudah menunjukkan ciri-cirinya sejak era 90'an.

Musik metalcore memiliki ciri khas berupa gitar stem drop D sampai C, terkadang full scream, namun ada juga yang equalizer yang biasanya ada dalam reffrain lagu. Biasanya, metalcore dalam hal gitar ritmik tidak serumit death metal namun band-band metalcore kebanyakan bermelodi cadas dan rumit. Jika tidak bermelodi, biasanya ritmiknya yang rumit. Namun nada-nada metalcore tidak seperti death metal yang bernuansa seram, setan, neraka, dan sebagainya.

Band-band metalcore di dunia antara lain As I Lay Dying, Killswitch Engage, All That Remains, Darkest Hour, The Eyes Of A Traitor, August Burns Red, I Killed The Prom Queen, Haste The Day, Walls Of Jericho, The Devil Wears Prada, dan sebagainya.


PENGERTIAN HARDCORE

Hardcore merupakan salah satu subgenre dari punk rock yang berasal dari Amerika Utara dan UK diakhir tahun 1970an. Sound baru ini yang merupakan ciri khas musiknya secara umum yaitu: suara gitar yang lebih tebal, berat dan cepat dari musik punk rock,Tipikal lagu biasanya sangat pendek,cepat dan keras, selalu membawakan lagu tentang politik, kebebasan berpendapat,kekerasan,pengasingan diri dari sosial,  perang dan tentang sub-kultur hardcore itu sendiri
 
PERBEDAAN ANTARA METALCORE DAN HARDCORE

Metalcore dan Hardcore hampir tidak ada perbedaan sama sekali, tapi perbedaan yang sangat mencolok bisa dilihat dari:

1. gitar : metalcore cenderung memiliki ritmik yang sangat rumit atau melodi (guitar solo) yang agak sulit atau biasa di sebut extreme guitar, sedangkan metal hardcore tidak, cenderung lebih simple

2. drum : hampir tidak ada perbedaan, tapi metalcore biasanya ditambah blasting dan tempo double pedal yang sangat rumit

3. vocal : scream, growl pasti ada di kedua genre ini, hanya saja di metalcore pasti ada suara clean (atau suara vocal biasa tanpa scream)

4. bass : untuk metalcore, biasanya si pemain bass melakukan beberapa trik seperti slap, di metalhardcore, si bassist mengikuti pedal drummer
itu saja yang gw tau , kalo ada kesalahan, mohon maaf gan, gw sebagai METALHEAD masih harus belajar lebih banyak lagi.. :-) 
              

 
Sekilas tentang genre metal dan sub genre turunanya:
http://hewgill.com/~greg/definitive-metal-family-tree.png


Lihat gambar di atas Gan ini adalah sebuah Grafik Pohon Dari Perbedaan Metalcore Dengan Yang Lainya ..

Sekali Lagi Gan Metalcore adalah bukan merupakan fusion/gabungan dari Hardcore dan Metal melainkan hanyalah turunan dari genre Hardcore yang terinfluence genre Metal sehingga genre ini sendiri tidak termasuk dalam subgenre Metal. Genre ini muncul belakangan pada era 2000'an tapi sudah menunjukkan ciri-cirinya melalui band-band seperti Deadguy, Earth Crisis dan Intergrity sejak era 90'an. Metalcore sendiri nama yang dibuat oleh media,genre ini dulunya dikenal dengan nama Metallic-Hardcore.
Musik metalcore memiliki ciri khas berupa gitar dituining drop D sampai C, menggunakan hardcore scream dan death growl (juga didampingi clean vocal pada band-band sekarang), penggunaan Breakdown dan Biasanya bassist mengikuti gitar rhythm. Dilihat dari penggunaan Breakdown (ciri khas musik Hardcore) ini maka dapat dipahami bahwa Metalcore akarnya dari Hardcore bukan Metal .

Nih ane kasih salah satu contoh band metalcore yg punya ketukan breakdown asikk : 
AUGUST BURNS RED - MEDDLER